11 Cara Alami Untuk Mengobati Luka Bakar

Artikel Kesehatan Id - 11 Cara Alami Untuk Mengobati Luka Bakar - Beberapa pengobatan di rumah untuk luka bakar meliputi penggunaan air dingin, madu, buah-buahan, kunyit, daun pisang, garam, pepaya, minyak lavender, kentang, cuka, dan lidah buaya. Luka bakar mengacu pada suatu kondisi yang terjadi ketika sebagian tubuh terpengaruh karena efek termal, kimia, atau listrik yang memanaskan sel-sel tubuh, sehingga merusaknya.

Luka bakar dikategorikan menjadi tiga jenis, tergantung pada tingkat keparahannya. Pengobatan rumah sederhana dapat mengurangi efek pembakaran dalam beberapa hari jika terjadi luka bakar tingkat pertama, namun untuk luka bakar tingkat tiga, konsultasi medis harus segera dilakukan.

Apa itu Luka Bakar?

11 Cara Alami Untuk Mengobati Luka Bakar

Luka bakar merupakan kondisi serius dimana bagian tubuh dipengaruhi oleh api atau benda listrik. Selanjutnya, sekelompok sel atau jaringan menjadi rusak dan hasilnya bisa sangat menyakitkan.

Ada berbagai penyebab yang menjadi dasar dari masalah kesehatan ini. Mari jelajahi beberapa penyebab umum luka bakar.

Penyebab luka bakar


Luka bakar mungkin karena aktivitas sehari-hari seperti penggunaan pemanggang roti, kompor, besi, atau bahan kimia. Luka bakar termal disebabkan karena menahan benda panas, percikan cairan panas, api, atau paparan uap. Luka bakar listrik disebabkan oleh barang listrik seperti oven. Bahan kimia juga dapat menyebabkan luka dan kecelakaan serius. Radiasi, seperti sinar ultra violet, juga merupakan penyebab utama kerusakan kulit dan sengatan sinar matahar. Terlalu banyak sinar matahari, mandi air panas, dan merokok dengan sembarangan adalah beberapa penyebab umum luka bakar yang terjadi melalui perilaku normal.

Jenis Luka Bakar


Atas dasar tingkat keparahannya, luka bakar dikelompokkan menjadi tiga kategori.

Luka bakar Tingkat Pertama : Luka bakar pada tingkat pertama hanya mempengaruhi lapisan kulit terluar dan biasanya menyebabkan kemerahan dan nyeri. Tidak begitu parah dan mudah disembuhkan dengan mengikuti pengobatan rumah.

Luka Bakar Tingkat Kedua : Luka bakar tingkat kedua mempengaruhi lapisan kulit dan juga lapisan dalam yang lebih dalam, sehingga merusak pembuluh darah dan jaringan di bawahnya, sehingga mengakibatkan munculnya lecet. Kadang-kadang bisa menutupi bagian tubuh yang lebih besar dan mungkin juga disembuhkan dengan pengobatan di rumah, namun perlu tindakan medis.

Luka Bakar Tingkat Ketiga : Tidak seperti luka bakar tingkat pertama dan kedua, luka bakar tingkat tiga adalah tindakan paling parah dan medis harus dicari sesegera mungkin. Luka bakar seperti itu menghancurkan kulit, pembuluh darah, jaringan, kelenjar, saraf dan bahkan tulang belulang. Luka bakar ini tampak berwarna putih, kasar atau hangus dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit karena kerusakan saraf. Luka bakar ini juga bisa menjadi penyebab kematian dalam kebakaran.

11 Cara Alami Untuk Mengobati Luka Bakar


Beberapa perawatan segera dan jangka panjang melalui pengobatan di rumah dijelaskan di bawah ini.

Air  Dingin : Ini adalah cara terbaik untuk mendinginkan luka bakar. Letakkan bagian yang terbakar di bawah air dingin atau oleskan es ke daerah yang terkena. Ini harus dilanjutkan hingga 10 menit. Seseorang juga harus minum setidaknya 8-10 gelas air setiap hari sampai luka bakar sembuh.

Madu : Sudah terbukti secara medis bahwa mengoleskan madu pada luka bakar tingkat dua mencegah infeksi. Beberapa tetes madu cukup untuk mencegah infeksi, karena sangat terkonsentrasi dan kuat.

Buah : Buah kaya akan antioksidan. Menurut University of Maryland Medical Center, buah-buahan harus diminum secara teratur untuk penyembuhan dini luka bakar. Tomat, ceri, dan blueberry adalah sumber antioksidan yang baik. Sayuran seperti paprika dan squash juga antioksidan.

Kunyit : Adalah enak untuk mengambil kunyit berupa bedak yang dicampur susu hangat di malam hari saat tidur. Hal ini diketahui bisa menyembuhkan radang dan nyeri.

Daun pisang raja : Daun pisang Raja diketahui memiliki sifat ekspektoran, serta efek antimikroba dan anti-inflamasi. Ini juga menghasilkan lendir, yang merupakan sumber kebasahan di daerah yang terbakar. Jus dari daunnya harus dioleskan pada bagian tubuh yang terbakar untuk penyembuhan.

Garam : Luka bakar yang disebabkan karena makan makanan panas bisa lega dengan membilas mulut Anda dengan air asin. Ini harus dilakukan setiap 2 jam sampai rasa sakit berkurang.

Pepaya : Pepaya bisa diaplikasikan ke daerah yang terkena karena mengandung enzim yang memiliki kemampuan untuk menghilangkan semua sel mati. Pulpa harus diterapkan setelah 3-4 hari setelah kejadian luka bakar, setelah proses penyembuhan internal dimulai.

Minyak Lavender : Minyak yang diperoleh dari lavender diketahui efektif untuk luka bakar. Ini harus diaplikasikan dengan tangan lembut beberapa hari setelah cedera terjadi.

Kentang : Diobservasi bahwa kupas kentang rebus bisa dioleskan di atas area yang terbakar pada tahap awal penyembuhan. Ini membantu pemulihan awal dan perlindungan dari agen infeksius. Teknik ini dipraktekkan di banyak rumah sakit.

Cuka : Sebagai antiseptik dan zat, cuka bekerja dengan baik dalam mencegah infeksi. Namun, cuka harus diencerkan dengan air dan dioleskan di daerah yang terkena.

Aloe Vera : Gel yang diperoleh dari Aloe Vera dikenal dengan khasiat penyembuhannya, efek analgesik, dan efek pendinginan. Menurut Buku Dokter of Home Remedies, gel lidah buaya harus dioleskan 2-3 kali sehari di atas area yang terbakar.

Disarankan agar orang-orang yang menderita luka bakar tingkat tiga harus memijat daerah yang terkena dampak secara teratur. Hal ini meningkatkan sirkulasi darah dan suplai nutrisi dan oksigen di daerah yang sama sehingga dapat memulihkan dan mendapatkan kembali sel dan jaringan yang hilang.

Ini adalah periode kritis bila persyaratan khusus tubuh harus dipenuhi. Sejumlah besar mineral dan vitamin harus dikonsumsi . Lebih banyak protein dalam bentuk kacang-kacangan dan sayuran hijau harus diberikan untuk regenerasi jaringan yang lebih cepat.

Makanan seperti kopi, teh, tembakau, dan alkohol harus dihindari, karena ini adalah stimulan. Daging merah, pasta, roti, donat, kentang goreng, dan barang olahan lainnya tidak boleh dikonsumsi oleh pasien luka bakar.

Dapatkan Update Terbaru Gratis Via Email :

0 Response to "11 Cara Alami Untuk Mengobati Luka Bakar"

Posting Komentar