Cara Efektif untuk Mengobati Miopi (Rabun Jauh)

Cara Efektif untuk Mengobati Miopi (Rabun Jauh) - Beberapa pengobatan di rumah untuk Miopi termasuk latihan mata, diet kaya vitamin dan mineral, makan almond, serta beristirahat setelah membaca dan bekerja berjam-jam. Beberapa hal yang harus dihindari saat menderita Miopi adalah melakukan pekerjaan jarak dekat, duduk di depan TV dan perangkat elektronik untuk jangka waktu yang lama, dan bekerja atau membaca di tempat dengan penerangan yang kurang.

Pengertian Miopi


Apa itu Miopi ? Miopi adalah nama ilmiah yang diberikan pada rabun jauh. Rabun jauh adalah kondisi dimana seseorang tidak dapat melihat benda dengan jelas yang berada jauh. Hal ini dianggap sebagai jenis kesalahan bias di mata. Fokus benda jauh jatuh di depan retina, bukan di permukaan retina, sehingga ketidakmampuan untuk melihat dengan jelas hal-hal yang berada di luar jarak tertentu.


Ada penelitian yang menunjukkan bahwa Miopi dapat terjadi pada orang yang mengerjakan benda yang sangat dekat. Dengan kata lain, orang yang senantiasa fokus pada hal-hal yang dekat dengan mereka bisa kehilangan kemampuan untuk melihat sesuatu dari kejauhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kondisi normal, lebih sulit untuk fokus pada objek yang dekat daripada fokus pada objek yang Jauh sekali. Stres ini menyebabkan mata memanjang secara bertahap sehingga memungkinkan mata menyesuaikan diri untuk fokus pada objek yang dekat. Proses ini pada akhirnya akan membuat mata tidak mampu melihat hal-hal yang terbentang dari kejauhan. Secara ilmiah, proses ini disebut spasme otot siliaris, suatu kondisi di mana mata menjadi memanjang untuk mengakomodasi karena memusatkan perhatian pada objek yang dekat.

Beberapa ahli oftalmologi berpendapat bahwa Miopi bisa menjadi akar penyebab kerusakan permanen pada mata yang menyebabkan kebutaan dalam jangka panjang. Meski dalam jangka pendek, bisa menimbulkan masalah. Anak-anak, terutama usia sekolah, kebanyakan menghadapi masalah ini, ketika mereka harus fokus menulis di papan tulis. Mereka mengeluhkan penglihatan kabur atau sulit melihat hal-hal yang berada di kejauhan. 

Gejala Miopi


Gejala Miopi meliputi:

Sakit kepala teratur
Sensitivitas cahaya di malam hari
Tekanan mata karena tekanan diberikan saat mencoba fokus
Fokus yang tegang cenderung menyebabkan juling di mata

Jenis Miopi


Beberapa jenis Miopi yang paling umum adalah sebagai berikut.

Miopi Sederhana: Ini adalah salah satu jenis Miopi yang paling umum ditemukan. Dalam kondisi ini, mata telah menjadi memanjang.

Miopi nokturnal: Miopi nokturnal atau malam hari adalah kondisi di mana mata seseorang mengalami kesulitan dalam melihat kondisi cahaya rendah. Namun, penglihatan siang hari mereka bisa menjadi normal. Hal ini biasanya terjadi karena pelebaran pupil dan penyimpangan, sehingga mengakibatkan kondisi Miopi.

PseudoMiopi: Ini adalah jenis Miopi lain yang berhubungan dengan fokus yang berlebihan pada pekerjaan. Hal ini banyak terlihat pada kaum muda. Masalah yang berkembang terjadi dengan video game, karena anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu untuk berfokus pada permainan yang sangat dekat, mengakibatkan peningkatan Miopi.

Miopi degeneratif: Seperti namanya, Miopi degeneratif menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu dan dianggap sebagai salah satu penyebab utama kebutaan. Hal ini juga dikenal sebagai Miopi patologis dan dapat menyebabkan ablasi retina dan glaukoma.

Miopi terinduksi : Miopi yang terinduksi terjadi karena paparan obat-obatan, kadar glukosa dalam tubuh tinggi.

Penyebab Miopi


Beberapa penyebab utama Miopi adalah sebagai berikut.

# Melihat Sangat Dekat 

Ini mungkin salah satu penyebab Miopi yang paling diabaikan. Melihat pada sesuatu yang sangat dekat dengan mata adalah salah satu faktor utama peningkatan risiko Miopi. Ini terbukti dalam eksperimen yang dilakukan di Amerika Serikat di Alaska. Di Alaska, hampir tidak ada kasus Miopi sebelum diperkenalkannya sistem pendidikan wajib. 10 tahun setelah dimulainya sistem pendidikan, dilaporkan ada 75% kasus rabun pada anak-anak. Orang tua dan kakek-nenek mereka yang buta huruf tidak mengalami gejala Miopi di sisi lain.

# Kondisi Kurang Cahaya

Bekerja dalam kegelapan atau dalam kondisi kurang cahaya juga merupakan salah satu penyebab Miopi. Karena minimnya cahaya optimal, mata harus mengerahkan tekanan untuk fokus pada objek, terutama membaca. Upaya ekstra ini bisa diterjemahkan ke dalam Miopi.

# Penggunaan Jangka Panjang Lensa Korektif 

Penelitian yang dilakukan oleh National Eye Institute di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kondisi rabun jauh dapat diperparah dengan penggunaan lensa korektif (minus) untuk jangka waktu yang lama.

# Diabetes

Diabetes Tipe II juga merupakan faktor penyebab penyakit mata seperti Miopi. Pada diabetes, kelebihan jumlah gula dalam darah menghambat aliran darah. Dalam hal ini, darah mengalir perlahan melalui saraf optik. Dengan kata lain, benda tampak kabur bagi penderita diabetes, memaksa mereka untuk mengerahkan mata mereka agar lebih fokus.

# Faktor Keturunan

Menurut sebuah studi yang dilakukan di Ohio State University College of Optometry, faktor keturunan juga merupakan salah satu faktor penting yang berkontribusi terhadap Miopi.

Solusi Rumah yang Efektif untuk Mengobati Miopi


Miopi dapat dikurangi dengan menerapkan beberapa solusi atau solusi di rumah, beberapa di antaranya dijelaskan di bawah ini.

# Latihan Mata

Menurut penelitian yang dilakukan di Departemen Ophthalmology, Rumah Sakit Christchurch, Christchurch, Selandia Baru oleh Rawstron, Burley dan Elder, latihan mata memang berpengaruh pada kondisi rabun. Saat ini, dokter oftalmologi merekomendasikan latihan mata bersama dengan obat-obatan dan kacamata. Yoga adalah sumber lain untuk latihan mata.

# Latihan Pernafasan

Latihan pernafasan juga bisa dianggap sebagai pengobatan di rumah untuk Miopi. Latihan pernafasan ini bisa dilakukan di rumah dengan cara santai. Tutup mata Anda dan tarik napas melalui hidung dan buang napas melalui mulut dengan cara yang stabil dan terus menerus selama lebih dari tiga menit. Jangan sigap dengan mencoba menghirup udara lebih dari yang terasa alami.

# Istirahatkan Mata

Ini mungkin salah satu solusi rumah terbaik untuk Miopi. Membaca terus-menerus, menonton TV dan bekerja di komputer selama berjam-jam mengharuskan mata kita fokus pada jarak dekat dan dengan demikian Miopi dapat muncul. Untuk mengurangi keparahan atau kemunculan Miopi, seseorang harus beristirahat teratur dari membaca terus-menerus, menonton TV atau bekerja di komputer.

# Bekerja di Tempat Terang

Bekerja dalam kondisi kurang cahaya dapat memiliki dampak serius pada penglihatan seseorang. Ketika kita bekerja dalam kondisi kurang cahaya, kita memberi tekanan ekstra pada mata kita, yang mengikat otot-otot di dalamnya dan mengencangkannya, sehingga terjadi Miopi.

# Asupan Vitamin

Konsumsi vitamin adalah salah satu solusi rumah utama untuk Miopi. Vitamin dan penglihatan telah memiliki hubungan yang erat untuk waktu yang sangat lama. Vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin E, vitamin D dan vitamin C telah dikaitkan dengan penglihatan mata yang baik. Vitamin ini ditemukan pada makanan vegetarian dan non vegetarian seperti wortel, tomat, apel, paprika, ikan, sayuran berdaun hijau, buah kering dan kacang-kacangan, dan sangat bermanfaat.

# Almond, kelapa, biji adas manis dan gula

Ini adalah salah satu obat rumah yang paling sederhana untuk Miopi. Campur almond, kelapa, biji adas manis dan gula dan buat menjadi bubuk. Serbuk ini bisa dikonsumsi dua kali sehari. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa Miopi dapat diatasi sementara dengan kacamata minus (cekung) yang ditentukan. Namun, dalam jangka panjang, Miopi telah tercatat mengalami kemajuan karena hal ini. Seiring kemajuan, itu harus diimbangi dengan kacamata atau lensa yang jauh lebih kuat.

Nah,, itulah artikel tentang Miopi meliputi pengertian, gejala, penyebab, jenis-jenis, dan solusi efektif untuk mengobati miopi. Semoga bermanfaat...

Dapatkan Update Terbaru Gratis Via Email :

0 Response to "Cara Efektif untuk Mengobati Miopi (Rabun Jauh)"

Posting Komentar