5 Resep Masker Madu untuk Mengobati Jerawat dengan Efektif

Artikel Kesehatan Id - Masker Madu untuk Mengobati Jerawat dengan Efektif - Selama berabad-abad, orang telah menggunakan masker madu sebagai pengobatan untuk jerawat dan untuk menyembuhkan tanda, bekas luka, bintik-bintik, dan noda lainnya. Tidak ada satu resep untuk masker madu yang mengobati jerawat, namun bisa dibuat dari berbagai kombinasi ramuan dan zat lainnya. Pada artikel ini, kita akan mencoba untuk membahas semua aspek yang relevan terkait dengan penggunaan masker madu sebagai pengobatan jerawat.

Menggunakan masker madu untuk perawatan jerawat adalah obat rumah yang sangat populer dan jika Anda serius merawat jerawat dengan cara yang lebih alami dan tidak berbahaya, atau jika tubuh Anda tidak merespons dengan baik obat-obatan yang terbuat dari bahan kimia keras, maka masker madu adalah Pilihan yang tepat untukmu.



Bahan kimia yang ada dalam krim jerawat yang umum ini bisa menjadi kasar kulit Anda, dan campuran bahan kimia yang kuat dapat mempengaruhi tubuh Anda dengan cara lain yang tidak pernah Anda duga. Dari segi pendekatan Masker madu, Anda bisa menggunakannya dikombinasikan dengan obat yang mungkin sudah Anda pakai dan tidak akan mengganggu dengan cara apapun. Namun, sebelum Anda mulai mengeksplorasi pilihan pengobatan, Anda harus benar-benar mengerti apa yang menyebabkan jerawat dan kemudian mencoba menyimpulkan secara akurat bagaimana masker madu dapat membantu dalam perawatannya.

Penyebab Jerawat


Jerawat Vulgaris (nama ilmiah untuk bentuk jerawat yang umum) adalah masalah yang hampir universal, hampir semua orang di dunia menderita beberapa bentuk (ringan atau parah), cepat atau lambat dalam kehidupan mereka. Jenis jerawat umum ini disebabkan oleh pemblokiran kelenjar sebaceous, kelenjar yang bertanggung jawab atas produksi dan sekresi sebum, baik karena kulit terkelupas, debu, atau penyumbatan material lainnya.

Jerawat umum juga bisa timbul karena aktivitas hormonal tertentu selama masa remaja yang sering dikaitkan dengan masuknya masa pubertas. Aktivitas hormonal ini sering membuat regulasi kelenjar sebaceous menjadi malfungsi, tiba-tiba menghasilkan sejumlah besar sebum. Inilah sebabnya mengapa jerawat umum paling banyak ditemukan pada remaja. Bila bukaan kelenjar sebum ini tersumbat, sebum tidak bisa lepas dan mulai menyetorkan dirinya di bawah pori-pori kulit, membuatnya terlihat merah dan bengkak. Akibatnya, bukaan kelenjar ini tidak bisa dibersihkan, padahal sebelumnya sudah dibersihkan karena adanya aliran biasa sebum. Hal ini membuat pori-pori ini rentan terhadap infeksi oleh mikroba dan situasinya menjadi lingkaran setan yang semakin parah. Pori-pori berlanjut menjadi merah, gatal, dan bintik-bintik yang membengkak menyakitkan pada kulit yang terlihat tidak menarik dan meninggalkan bintik hitam pada kulit saat mereka sembuh. Situasi yang tidak menguntungkan ini disebut memiliki jerawat.

Cara Menyembuhkan Jerawat


Begitu Anda tahu dan mengerti penyebabnya, maka saatnya untuk mencari obat. Karena jerawat disebabkan karena penyumbatan dan infeksi kelenjar sebum selanjutnya, maka membersihkan penyumbatan dan melawan infeksi harus secara logis membantu menyembuhkan gejala jerawat Anda. Di sinilah Masker madu untuk jerawat ikut bermain. Menggunakan masker madu untuk jerawat tidak hanya membersihkan sumbatan tapi juga menghilangkan mikroba menular, sehingga mengurangi tanda-tanda jerawat. Kini, berbagai jenis Masker madu untuk jerawat digunakan untuk berbagai jenis kulit. Misalnya kulit kering, kulit berminyak, dan kulit sensitif bisa mendapatkan keuntungan dari berbagai jenis masker madu. Berikut adalah beberapa kombinasi yang paling banyak digunakan, dan Anda harus bisa menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Masker Madu untuk Jerawat


Berikut adalah beberapa contoh masker, beserta resep, gejala, jenis kulit yang dibuat secara spesifik, dan beberapa tip bermanfaat.

Masker Madu


Madu saja bisa digunakan sebagai masker dan efektif dalam menyembuhkan jerawat dengan membersihkan pori-pori Anda dan tidak membiarkan mikroba tumbuh, karena khasiat antimikrobanya. Selain itu, bagian lilin madu membantu menjaga kulit tetap lembut, halus dan bersinar.

Bahan         : (Hanya) madu.
Kuantitas    : Sesuai kebutuhan.
Persiapan   : Tidak ada
Aplikasi       : Cukup oleskan pada kulit di wajah Anda.
Tips             : Cobalah untuk menggunakan madu yang disaring, bukan madu tradisional.
Fakta          : Madu mengandung khasiat antimikroba, antioksidan dan pada saat bersamaan, sangat menguntungkan. Kelengketan ini menghilangkan debu, kulit mati, dan mikroba dari pori-pori sementara sifat antimikroba membuat kulit tidak terinfeksi lagi. Antioksidan dalam madu membantu membuat kulit terlihat lebih muda dan akhirnya, lilin membuat kulit halus, mengkilap, dan lembab.
Perhatian   : Mereka yang alergi terhadap aplikasi langsung madu sebaiknya tidak menggunakan metode ini.

Masker Madu Apel


Berikut adalah masker sederhana dan sangat bermanfaat yang sisa makanannya juga bisa dimakan (hanya bercanda, hehe).

Bahan : Satu apel berukuran sedang (lebih baik yang organik), empat sampai lima sendok makan madu (juga lebih baik yang organik) dan air suam-suam kuku.

Persiapan : Keluarkan biji apel dan masukkan sisanya melalui mixer untuk membuat bubur halus. Kemudian, tambahkan tiga sampai empat sendok makan madu ke dalamnya. Jumlah madu akan tergantung pada ukuran apel dan berapa banyak masker yang ingin Anda buat dengannya. Pada dasarnya, jumlah madu harus cukup untuk tercampur dengan baik. Campur dengan baik ke dalam pasta yang seragam, lalu masker madu apel Anda siap untuk diaplikasikan.

Aplikasi : Oleskan lapisan masker madu apel ke seluruh wajah Anda. Tunggu sepuluh sampai lima belas menit dan biarkan masker mengering sedikit. Setelah itu, basuh masker dengan air suam-suam kuku. Lalu, tunggu hasilnya!

Tip : Masker madu apel bekerja paling baik saat segar. Dengan kata lain, setelah persiapan, Anda sebaiknya tidak menyimpannya di lemari es untuk diterapkan nanti. Karena sangat cepat dan mudah disiapkan, buatlah sebelum Anda berencana untuk menggunakannya.

Fakta : Sementara butir apel bekerja sebagai semacam scrub lembut untuk membersihkan wajah Anda, asam glikolat di dalamnya memudahkan pengelupasan kulit. Bersama-sama, mereka membersihkan pori-pori kulit. Madu adalah antioksidan alami dan memiliki khasiat antimikroba. Ini menghilangkan infeksi mikroba yang menyebabkan jerawat.

Perhatian: Konfirmasi jika Anda alergi terhadap salah satu bahan di Masker dengan menerapkannya di atas kulit di pergelangan tangan Anda dan kemudian menunggu beberapa jam. Jika ruam muncul atau jika Anda menunjukkan gejala alergi lainnya, jangan gunakan masker ini di wajah Anda.

Masker Madu Lemon dan Yogurt


Ini adalah perawatan lain yang sangat baik untuk jerawat. Variasi ini juga benar-benar terbuat dari bahan alami dan dapat dimakan.

Bahan : Dua sendok makan susu segar, dua sendok makan madu, jus segar dari satu lemon, satu sendok makan yogurt segar, dan air suam-suam kuku.

Persiapan : Campur semua bahan dengan cermat dalam mangkuk untuk mendapatkan konsistensi sama pada lotion.

Aplikasi : Oleskan satu lapisan campuran ini ke seluruh wajah Anda dan turun ke leher Anda. Tunggu beberapa menit sampai kering. Kemudian, terapkan lapisan kedua dan terus menerapkan sampai Anda telah menggunakan seluruh campurannya. Bila Anda sudah selesai fokus ke daerah jerawat yang terkena, tunggu kira-kira sepuluh menit lalu bilas seluruh wajah Anda dengan air hangat.

Tip : Gunakan campuran ini tiga sampai empat kali seminggu (bahkan penggunaan harian baik-baik saja), tapi pastikan untuk menyiapkannya segar setiap saat, karena sangat mudah disiapkan dan paling efektif pada saat itu. Meski mungkin tidak selalu memungkinkan, coba gunakan semua bahan organik.

Fakta : Asam sitrat dalam jus lemon adalah pembersih yang sangat baik, begitu juga susu. Yogurt juga merupakan pembersih yang bagus, sekaligus pelembut yang bagus. Hal ini penting karena menggunakan jus lemon saja bisa membuat kulit Anda terasa meregang dan kering.

Perhatian : Seperti biasa, periksa apakah Anda alergi terhadap bahan apapun sebelum menggunakan jenis Masker ini.

Catatan : Anda dapat secara terpisah menggunakan kombinasi madu lemon, madu susu dan masker madu-madu. Semua itu efektif, tapi beberapa orang akan mendapatkan hasil yang sedikit berbeda!

Masker Madu dan Lidah Buaya


Ini adalah Masker besar lainnya yang merawat kulit Anda dengan sangat baik dan membantu penyembuhan jerawat.
Bahan : Satu sendok makan jus Aloe Vera dan satu sendok makan madu.
Persiapan : Campurkan kedua bahan secara merata.
Aplikasi : Oleskan lapisan campuran di wajah Anda dan ke area yang terkena.
Tips : Bekerja paling baik saat campuran masih segar. Biarkan campuran selama sekitar sepuluh menit sebelum mengaplikasikannya ke area jerawat yang terkena.

Fakta : Aloe Vera terkenal karena sifatnya yang ramah terhadap kulit. Ini membasahi, menenangkan, melembutkan, dan memberi warna pada kulit. Selain itu, campuran ini mencakup khasiat antimikroba dan antioksidan yang luar biasa dari madu. Masker ini paling baik untuk orang yang memiliki kulit sensitif atau biasanya menderita kemerahan, radang, gatal, dan iritasi.

Perhatian : Aloe Vera diduga tidak memiliki efek samping, dan tidak ada laporan tentang alergi. Namun, beberapa orang mungkin alergi terhadap madu. Terlepas dari riwayat alergen Anda, yang terbaik adalah mengujinya di pergelangan tangan Anda sebelum Anda menerapkannya ke wajah Anda.

Masker Minyak Pohon Teh dan Madu


Masker Minyak Pohon Teh dan Madu juga membantu penyembuhan jerawat. Berikut adalah rinciannya;

Bahan : Dua tetes Minyak Esensial Pohon Teh dan satu sendok makan madu.
Persiapan : Sangat sederhana . Campur kedua bahan itu dengan sangat baik.
Aplikasi : Terapkan pada seluruh wajah atau hanya bagian yang terkena. Tunggu 15 sampai 20 menit lalu bilas dengan air suam-suam kuku. Gunakan metode ini 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan lebih cepat.

Tips : Ini jauh lebih berhasil jika Anda menggunakan minyak esensial pohon teh organik. Gunakan masker secepat mungkin setelah persiapan karena minyak esensial umumnya mudah menguap dan sering mengoksidasi saat terkena udara, yang menyebabkannya kehilangan sebagian manfaatnya.

Fakta : Minyak Pohon Teh memiliki sifat antimikroba, antiseptik dan fungisida yang kuat. Ini juga memiliki beberapa antioksidan. Oleh karena itu, bila dikombinasikan dengan madu, membantu untuk secara efisien membasmi infeksi di daerah yang terkena jerawat.

Perhatian: Karena khasiat kuman dan fungisida yang kuat, minyak pohon teh tidak boleh digunakan selama kehamilan. Selain itu, konsumsi harus dihindari. Minyak Atsiri Pohon Teh mungkin tidak sesuai dengan beberapa jenis kulit dan dapat menyebabkan iritasi, pembengkakan atau ruam. Dalam hal ini, berhentilah menggunakan teknik ini dan cobalah salah satu masker lainnya. Anda harus berkonsultasi dengan ahli aromaterapi sebelum menggunakan minyak esensial.

Hal-hal yang tidak begitu baik tentang Masker Madu untuk Jerawat

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin tidak Anda sukai dari Masker ini;

Lengket
Mereka terus menetes, bahkan setelah aplikasi, dan bisa membuat berantakan di lantai atau pakaian Anda.
Anda tidak akan mendapatkan hasilnya dalam semalam.
Madu dan beberapa bahan lain yang digunakan dalam masker ini bisa menjadi alergi bagi sebagian orang.

Pedoman Umum Penggunaan Masked Madu


Berikut adalah beberapa poin yang berlaku untuk semua jenis masker madu.
  • Yang terbaik untuk menggunakan masker yang baru disiapkan.
  • Cobalah untuk menggunakan bahan-bahan organik sebanyak-banyaknya.
  • Madu harus disaring dan tanpa disaring mungkin mengandung debu, serbuk sari, rambut yang ditemukan di tubuh lebah dan sisa-sisa mati mereka yang mungkin terbukti sangat alergi.
  • Madu Manuka dikatakan sebagai pilihan terbaik dalam hal sifat antimikroba, itulah sebabnya Masker Madu Manuka Masks dianggap paling efektif.
  • Setiap kali Anda membilas wajah atau bagian tubuh lainnya setelah mengoleskan masker ini, jangan gunakan jenis sabun apapun. Padahal, sabun tidak dianjurkan untuk pengobatan jerawat.
  • Setelah Anda membasuh muka dengan air suam-suam kuku, cuci lagi dengan air dingin beberapa menit kemudian. Ini akan menata wajah Anda dan meningkatkan kekuatan otot wajah Anda.
  • Selalu uji bahan untuk kemungkinan reaksi alergi di tempat selain wajah Anda.
  • Membersihkan wajah Anda, sebaiknya dengan air hangat atau pembersih alami (bukan sabun) sebelum mengoleskan masker pilihan Anda. Namun, ini tidak penting atau wajib, dan Anda tetap bisa mendapatkan hasil yang bagus tanpa langkah ini.


Ketersediaan : Meskipun sebagian besar bahan yang digunakan di masker yang kami jelaskan, mungkin ada perbedaan tingkat ketersediaan di berbagai belahan dunia. Madu biasanya tersedia di hampir setiap toko makanan atau toko kelontong.

Harga : Ini adalah salah satu bagian terbaik dari perawatan ini! Sebagian besar bahan yang dibahas di atas sudah tersedia di sebagian besar rumah tangga, kecuali minyak pohon teh yang tidak terlalu mahal. Minyak Essential pohon teh mungkin mahal, tapi dibutuhkan dalam jumlah sangat kecil setiap waktu dan Anda tidak perlu membeli pasokan baru sesering mungkin.

Sejarah : Banyak masker ini telah digunakan selama ratusan tahun sebagai obat rumah tradisional untuk kondisi kulit seperti jerawat.

Silahkan coba menggunakan masker ini. Cara ini praktis bebas dan Anda tidak perlu mencarinya untuk mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan. Singkatnya, Anda tidak akan menghilangkan banyak uang untuk perawatan jerawat yang mahal.


Dapatkan Update Terbaru Gratis Via Email :

0 Response to "5 Resep Masker Madu untuk Mengobati Jerawat dengan Efektif"

Posting Komentar